Apa itu Backlink? Definisi, Manfaat, dan Prosedur Pembuatannya

Blog Dimas – Posisi puncak dalam hasil pencarian Google dapat dicapai melalui berbagai metode, salah satunya ialah membangun setumpuk backlink pada situs web Anda. Di antara banyak jenis tautan yang harus Anda bentuk, backlink adalah yang paling utama sehingga Anda perlu mengenal yang namanya Apa itu Backlink?.

Backlink berkualitas mengangkat nilai kredibilitas situs web Anda kepada mesin pencari. Sehingga, konten apa pun yang Anda produksi di masa mendatang akan memiliki peluang lebih besar untuk muncul di posisi teratas halaman pencarian. Namun, bagaimana cara mendapatkan backlink yang diapresiasi oleh Google? Yuk, kita bahas tentang Apa itu Backlink? Definisi, Manfaat, dan Prosedur Pembuatannya dalam artikel berikut.

Backlink merujuk kepada tautan yang menghubungkan satu situs web ke situs lainnya. Dikenal juga sebagai inbound link, incoming link, atau one-way link, backlink ini berarti tautan masuk dan tautan satu arah.

Backlink berkualitas memberikan efek positif terhadap penilaian situs web Anda oleh Google dan mesin pencari lainnya. Alasannya adalah backlink menjadi pertanda bahwa situs web bersangkutan dapat dipercaya dan memiliki konten berbobot. Karena itulah, situs web dengan backlink berkualitas cenderung berada di posisi teratas hasil pencarian atau SERP.

Baca Juga: Search Engine Optimization: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagi Anda yang menggunakan WordPress, istilah nofollow dan dofollow pasti tidak asing lagi. Kedua tipe backlink ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap situs web Anda.

  • Nofollow Backlink adalah Jenis backlink ini akan mencegah mesin pencari untuk merujuk ke link yang Anda sertakan dalam suatu konten. Tag nofollow biasanya digunakan pada link yang tidak memberikan dampak bagi peningkatan peringkat atau visibilitas situs web Anda di SERP.
  • Dofollow backlink adalah jenis yang paling diidamkan oleh semua pemilik situs web. Jenis link ini memungkinkan mesin pencari untuk merujuk ke link, sehingga terindeks dengan lebih cepat.

Selain meningkatkan kesukaan mesin pencari terhadap situs web, backlink juga memiliki berbagai manfaat lainnya yang tidak kalah penting dalam optimasi SEO situs web Anda.

  1. Mempercepat proses indeksasi
  2. Meningkatkan lalu lintas referensi
  3. Meningkatkan otoritas domain (DA)
  4. Meningkatkan Otoritas Halaman (PA)
  5. Membangun reputasi situs web

Setelah memahami berbagai manfaat dari backlink, tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana cara memperolehnya.

  1. Menghasilkan konten berkualitas tinggi
  2. Manfaatkan platform lain
  3. Gunakan beberapa strategi backlink building

Berikut beberapa cara untuk memeriksa strategi link building yang digunakan oleh kompetitor Anda secara gratis:

  1. Gunakan perintah site:inurl "nama domain/halaman"
  2. Gunakan Ahrefs Free Backlink Checker
  3. Gunakan Ubersuggest oleh Neil Patel

Baca Juga: 21 Tools Gratis Untuk Riset Keyword SEO

√ Kesimpulan

Backlink merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan performa SEO pada situs web Anda. Backlink berkualitas dapat mempercepat proses indeksasi oleh mesin pencari, meningkatkan DA dan PA, dan membantu membangun reputasi situs web yang lebih unggul.

Email: contact@hellodimas.com | Website: hellodimas.com | Network: Dmastekno

Leave a Comment